Rabu, 06 Mei 2009

IMAGE & INOVASI DALAM PERSAINGAN BISNIS

Persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, seiiring dengan pola keinginan konsumen terhadap produk semakin selektif, hal ini membawa dampak bagi para pelaku usaha untuk lebih kreatif untuk mengantisipasi tantangan yang muncul di masa krisis. Kreatif bermakna memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan;

Dengan demikian, apapun yang terjadi dalam dunia usaha, para pelaku harus mempunyai alternatif sebagai jalan keluar dari tekanan persaingan, dan diharapkan alternatif tidak satu karena kompetitor akan mempunyai pemikiran yang sama untuk mencari alternatif, Hal yang sangat penting dalam membuat alternatif adalah mendasarkan pada permasalahan pemasaran dan peningkatan kualitas produk. Pelaku usaha dalam menjalankan usahanya yang hanya memasarkan produk secara maksimal saja tidaklah cukup untuk mencapai tujuan usaha, dan justru hal ini akan mengakibatkan kekalahan dalam persaingan.

Image merupakan hal penting dalam proses penjualan produk. Image menurut, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Departemen Pendidikan Nasional RI ) adalah Citra/grafik/gambar, suatu representasi keadaan visual sedangakan makna citra adalah rupa; gambar; atau gambaran; yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk. Dengan demikian konumen dalam membeli produk, akan sangat tergantung pada "pandanganpertama" tentang produk tersebut, hal ini dapat digambarkan untuk suatu produk yang sama tetapi dengan kemasan yang berbeda akan membawa dampak terhadap tingkat penjualan contoh tentang hal ini, ada suatu produk dari perusahaan yang sama produk tersebut dikemas biasa dengan alasan untuk konsumen kelas menengah kebawah dengan harga yang standar, tetapi sebagian dikemas dengan eksklusif dan mewah dengan sasaran untuk kelas menengah keatas ( eksekutif ) dan tentunya dengan harga yang klebih mahal, maka muncul efek tingkat penjualan untuk produk yang terakhir tersebut lebih tinggi, karena ada image bahwa mengkonsumsi produk tersebut maka konsumen akan merasa "wah" dalam arti dianggap sebagai manusia kelas "atas" ( eksekutif ).

Tidak kalah penting dengan image untuk meningkatkan tingkat penjualan produk maka kualitas perlu mendapatkan perhatian juga. Dalam meningkatkan kualitas perlu dimotivasi dengan ide dan semangat inovasi, Pengertian inovasi sangat luas tergantung sudut pandang yang digunakan. inovasi dapat diartikan 1 pemasukan atau pengenalan hal-hal yg baru; pembaharuan: ; 2 penemuan baru yg berbeda dr yg sudah ada atau yg sudah dikenal sebelumnya. Inovasi menurut uu no 18 2002 adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi tg telah ada ke dalam produk atau proses produksi
Maka dapat dikatakan dalam memenangkan suatu persaingan, maka pelaku bisnis tidak boleh berhenti berpikir, berpikir dan berpikir dalam menemukan ide untuk melahirkan suatu inovasi dan memunculkan suatu produk yang lain dari pada yang lain dan ini harus diputuskan dengan langkah yang berani bahwa produk kita selalu beda dari produk lain dengan catatan kualitas produk harus terjamin sesuai dengan yang dikatakan dan pemasaran produk harus diatur dengan strategi yang baik, termasuk didalamnya masalah promosi ..................sebuah saran tentang promosi buatlah masyarakat atau konsumen selalu "penasaran" dengan produk kita ?
semoga sukses..........................